/*------------------------- ------------------------------------------------ */

Tuesday, July 31, 2007

Mari Mengenal E-Book


E-book
(electronic book juga disebut eBook atau ebook) adalah media digital yang sama dengan layaknya Anda seperti membaca buku pada layar monitor dari pada membaca tulisan di atas kertas yang dicetak secara konvensional.


Anda dapat memuatkan buku ke atas komputer kecil seperti PDA (Personal Data Assistance) untuk dibaca ketika Anda sedang dalam perjalanan. Sehingga lain kali sebelum Anda bepergian menggunakan bis, Anda dapat men-download ebook cerita seru dan mendebarkan atau percintaan daripada membaca koran orang di samping Anda.

Keuntungan

Teks dapat disunting secara otomatis dan saling berhubungan karena menggunakan hyperlink. Inilah faktanya sehingga membuat ebook menjadi format pilihan yang sangat baik. Ebook dapat memberikan Anda lebih dari sekedar buku cetakan. Sebagai contoh, Anda dapat menyimpan banyak buku ke dalam komputer. Anda dapat memberikan tanda pada halamannya dengan electronic bookmark dan lompat ke halaman yang dituju saat itu juga ketika membuka buku.

Sedikit membutuhkan ruangan fisik diperlukan untuk menyimpan ebook. Ratusan (bahkan ribuan) memungkinkan untuk dibawa dalam satu device. Diperkirakan rata-rata 500 ebook dapat disimpan ke dalam CD (sepadan dengan harga beberapa rak buku cetakan) Karena mereka memakan sedikit tempat, ebook bisa ditawarkan untuk jangka waktu tidak terbatas, dengan bukan 'dari cetakan' tanggal, membolehkan pengarang terus mendapat royalti untuk jangka waktu tidak terbatas (undang-undang hak cipta mengizinkan) dan membolehkan pembaca menemukan karya yang lebih tua oleh pengarang kesayangan.

Para pembaca yang mendapatkan kesulitan ketika membaca buku konvensional mengeluhkan dari ukuran teks dan bentuk huruf. Dengan bantuan software Text-to-speech yang dapat mengubah ebook secara otomatis ke dalam bahasa buku. Beberapa ebook sudah terdapat di dalamnya kamus sehingga Anda dapat meng-klik pada kata yang dituju dan menemukan artinya.

Kerugian

Ebook membutuhkan perangkat tambahan spesialis untuk membaca, kebanyakan terutama perangkat elektronik untuk dapat ditampilkan (dengan bantuan listrik). Seperti halnya perangkat-perangkat yang harganya mahal. Dalam beberapa edisi, ada beberapa format ebook membutuhkan software khusus untuk menampilkannya, yang mungkin tidak tersedia secara gratis atau kompatibel dengan perangkat yang sudah terinstal pada komputer.

Sumber: CBN

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Copyright © 2006 - 2007 Blog ARies